Refleksi Setahun..


Mohammad Hamim Arifin..

Sudah sembilan belas tahun kau hidup di dunia ini terhitung mulai detik hari ini. Banyak hal tentunya yang sudah kau dapat dari usiamu ini. Dari enam tahun belajar mempersiapkan pencarian jati diri setelah enam tahun sebelumnya menjalani proses belajar dari lingkungan sekitarmu. Dan enam tahun berikutnya untuk mencari jati diri yang sebenarnya kau tau belum kau dapatkan sepenuhnya. Harus kau sadari itu dan segera memberikan sikap. Aku rasa akan sangat panjang jika harus dipaparkan disini kehidupan yang sudah kau jalani selama tiga kali enam tahun. Karena kau juga tau tidak sedikit yang kau alami dan kau dapatkan selama itu.

Setahun lalu kau masih bingung menentukan sikap sebagai persiapan menyongsong ambisi dan harapanmu itu. Masih terlalu dini kau pikir. Karena masih banyak PR yang belum kau selesaikan sebelum beranjak dari keterbelakangan pengalamanmu. Masih terlalu pendiam untuk manusia yang memiliki ambisi besar macam kau. Masih terlalu naif dengan tingkah lakumu yang sudah melampaui batas kewajaran. Masih hijau dengan syarat segudang pengalaman yang harusnya kau miliki sebelum melangkahkan kaki. Dan tentunya kau juga masih kekanakan untuk mencapainya. Namun dengan segala kekurangan yang kau miliki, saat itu kau dengan yakin melantangkan semua impian, harapan, cita-cita, ambisi dan anganmu walau kau juga belum tau apa yang akan terjadi dengan semua mimpi itu.

Kini kau sudah menapaki hidup ke-sembilanbelas tahun-mu dengan(lumayan) sukses. Dalam kurun waktu setahun ini kau sudah banyak memberikan bahan persiapan-persiapan yang memang seharusnya kau penuhi.sudah kau pelajari sejarah hidup sebagai perjalanan menuju impianmu. Kau rubah sedikit kebiasaanmu untuk menjadikan harapanmu berarti. Proses belajarmu telah kau sesuaikan dengan cita-cita yang selama ini kau teriakkan. Mulai mengenali dunia yang kau tujukan pada besarnya ambisimu. Dan berusaha mengunggah khayalmu dengan meyakinkan angan yang akan kau raih.

Hidup memang tak semudah dan tak seindah waktu kau kanak-kanak dulu. Panas dan dinginnya duniamu tak bisa diterka seperti kau menjawab soal-soal statistik yang akan kau hadapi semester depan. Butuh strategi hidup untuk bertahan dari seleksi alam yang berlaku. Tapi apapun yang terjadi, harus kau jalani dan harus kau hadapi dengan segenap hati. Walaupun dengan keadaanmu yang terluka yang kau sadari itu. Dan jangan pernah kau lari dari kenyataan ini. Karena belum waktunya kau berhenti. Dan jangan sampai cepat berpuas diri. Bekerja dan kejarlah apa yang sudah menjadi mimpimu hingga saat kau tak berguna lagi. Maka apapun yang terjadi, harus kau jalani dan harus kau hadapi dengan segenap hati. Walaupun dengan keadaanmu yang terluka yang kau sadari itu. Dan jangan pernah kau lari dari kenyataan ini.

Selamat Ulang Tahun yang ke-19..
Keep Moving Forward..!!
Bila hidup tak berputar, kau tak akan merasakan semuanya..
Be Ready..!!

2 komentar:

meiimeii di sini mengatakan...

wuiwui ... ceritanya boleh juga ney , klo bisa jgn trllu ribedd dong critanya biar menarik di baca ... hehehe*

Kid mengatakan...

OKe tHAnKs mB' sARAnnYA..

Posting Komentar