Cela dalam Dirimu..

terlalu banyak yang akan menyakitimu setiap hari. kata, suara, bahkan sunyi yang ada di hatimu. Kau akan mendengar suaramu sendiri. kalimat yang menyayat karena pikiranmu sendiri. kekhawatiran yang membuatmu takut tak diterima. kegelisahan yang membuatmu berkali-kali ragu. it's oKee. Kau hanya belum siap menatap cahaya di balik pintu itu. hatimu masih mengumpulkan keberanian. mungkin juga membutuhkan tangan lain untuk menguatkan.

Kau akan dicaci tanpa sepengetahuanmu. mungkin olehku juga, secara sengaja atau tidak. seringnya sengaja. dengan kata, suara, bahkan sunyi yang sengaja ditempatkan di sampingmu. Kau akan terus menerimanya, sampai Kau sadar Kau ditempa olehnya. sampai Kau sadar tak ada hidup yang lebih baik dari yang sedang Kau jalani. aku tau Kau membenci sebagian dari hidupmu, tapi bukan karena Kamu. bukan karena Kamu, tapi apa yang terkonstruk dalam pikiranmu. bukan karena Kamu.

Kau akan terus menerima pengkhianatan. begitulah siklus kehidupan bekerja. tersakiti, Kau terdiam, berpikir, menolak, melawan, tersakiti lagi, bangkit melawan, begitu seterusnya sampai Kau berencana mengubah hidup dan caramu hidup. Kau hanya harus menyadari bahwa ada cahaya terang di dirimu yang perlu Kau kuatkan, Kau buka, dan sebarkan.

you're gud just the way you are. mudah mengatakannya bagiku, karena aku berada di seberangmu. Kau tak perlu mengubah apapun, karena suatu saat dunia bisa menerimamu. yang Kau perlukan hanya menoleh ke kanan, juga kirimu. di sana ada kekuatan yang Kau butuhkan, tangan yang akan menggenggammu, dan hati yang akan selalu ada di sampingmu. jangan lupakan itu.


*ngadaptasi penampilan Alessia Cara menyanyikan Scars To Your Beautiful di The MTV VMAs, 2017.

0 komentar:

Posting Komentar