Belajar Bodo Amat dan Bekerja Secukupnya..

seseorang tidak akan komplain saat dia tidak terusik. dan kebalikannya, saat dia protes, brarti ada yang sedang mengganggunya, ada yang mengusik atau membiarkannya ada di kondisi yang tidak dia inginkan. tapi ini hanya soal perspektif. ada yang merasa, komplain dan protes tidak boleh dilakukan. karena akan membuat dirimu manja, tidak berkembang dan tidak adaptif dalam segala kondisi. tapi jika orang yang menuntutmu membiarkanmu barada dia posisi yang tidak nyaman, maka protes adalah hal yang wajar.

konteks yang ingin saya diskusikan dalam tulisan absurd ini adalah dunia kerjamu. dunia yang menuntut tenaga dan pikiranmu selalu on, tapi lingkungannya tidak nyaman. saat dituntut kreatif, Kamu harus tau apa yang dibutuhkan untuk mencapainya. jiwa dan pikiran yang tenang, mental yang sehat, atau mood yang sesuai.-sesuai. bukan ceria atau sedih. karena perlakuan kerja kreatif butuh mood yang beda-beda.- dan jika Kau sudah menemukan ritme yang dibutuhkan, kreativitas hanya persoalan waktu. tapi jika yang menuntutmu malah membuat kondisinya serba ribet dan menjauhkanmu dari bahan bakar yang Kau butuhkan, mungkin kerjaanmu akan jauh dari yang diminta.

saya baru aja mendengarkan tiga seri terakhir podcast Makna Talks di Spotify sebelum menulis ini. sambil membuat kopi, celoteh Uus, Angga Sasongko, dan Kaluna bergantian mengisi ruang dengar saya. hujan lalu turun di tengah panasnya Surabaya membuat saya semakin yakin mengeluarkan laptop untuk mengeluarkan pikiran alay dan aneh ini. mengingat saya juga punya lingkungan yang sama gak sehatnya, seperti penuh dengan orang toxic dan seringkali munafik, orang yang Kamu anggap teman tapi menusuk dari belakang sehingga membuat pikiran-gerakan kita terhambat, sampai telinga kita terpaksa dijejali informasi-informasi gak penting karena berada di ruangan yang sama. maka, menarik saat Angga Sasongko sebagai CEO Visinema bilang di akhir durasi podcastnya 'karaokean Kek, mabok Kek di luar, itu berguna buat HIDUP KAMU, dan KAMU yang secara mental bagus itu sangat berguna buat perusahaan. punya karyawan yang stressfull, yang under pressure itu malah gak akan produktif. sedangkan punya perusahaan dan karyawan yang happy, itu akan meningkatkan produktifitas.' itu yang dia percaya dan lakukan selama kurang lebih 10 tahun Visinema berdiri.

mungkin Kamu yang pernah berada dalam kondisi sulit dan tertekan lalu berhasil keluar dari kondisi tersebut tidak akan setuju. karena justru kondisi yang sulit membuatmu lebih kuat dan hebat. percayalah, saya juga mengalami itu saat kuliah. mengandalkan uang serabutan buat bertahan hidup. hari ini makan-ngopi-rokok tanpa tau besok akan begimana hidup berjalan. tapi, gak mungkin kan Kamu mau hidup itu seperti itu setiap hari? hidup dalam kondisi sulit dan tertekan terus? atau, bisa kita diskusikan. saya sangat senang ngobrol dan ngopi.

pilihannya, Kau bertahan karena pertimbangan materi atau pergi karena ketidaknyamanan. jika Kau memilih yang pertama, sama seperti yang saya dan temen" saya lakukan, Kau harus memperbaiki dan menciptakan mood positif sendiri. berusaha mencari hal" menyenangkan sendiri. seperti mendengarkan lagu kesukaan, menonton video lucu, atau sedikit bersikap bodo amat.

0 komentar:

Posting Komentar